google-site-verification=ZUuwLsbaFLVw0Fsx_sKtf38cmUuwOwj4MX3hBOSLU0g
Scroll untuk baca artikel
Daerah

Dalam Waktu Dekat Kabupaten Agam Menjadi Dua

78
×

Dalam Waktu Dekat Kabupaten Agam Menjadi Dua

Sebarkan artikel ini

AGAM – Dua tahap lagi Kabupaten Agam Tuo akan terwujud. Sebanyak dua dari 19 tahap persyaratan untuk berdiri kabupaten baru masih menunggu kebijakan lebih lanjut, yaitu pembahasan tingkat provinsi yang mencakup evaluasi gubernur dan persetujuan DPRD Sumbar.

Setelah itu dilanjutkan dengan meminta persetujuan DPR RI, sehingga daerah yang memiliki luas 2.200 persegi ini terwujud

Scroll ke bawah
Teruskan Membaca

Ketua DPRD Agam Novi Irwan, Senin (25/3) menjelaskan, sebagian kajian untuk berdirinya kabupaten baru sudah dilakukan kajian naskah oleh akademisi Unand Padang disamping adanya persetujuan dari pemerintah kabupaten Agam dan DPRD Agam.

“Kini kita menunggu evaluasi gubernur Sumbar, setelah itu ditindaklanjuti dengan audiensi dengan lembaga DPRD Sumbar,” katanya.

Baca juga:   Perkuat Bantuan Hukum Perempuan dan Anak, PWA Sumbar Latih Ibu-ibu 'Aisyiyah Jadi Paralegal Berkualitas

Semua tahapan yang dibutuhkan untuk memunculkan kabupaten baru yaitu Agam Tuo sudah dilakukan yang didahului dukungan semua nagari di Kabupaten Agam.

Melalui pembahasan yang intens oleh semua pihak di Kabupaten Agam dan lembaga pengkajian Unand Padang bahwa pemekaran daerah tersebut sudah berjalan maksimal dan seusai yang diharapkan bersama.

Setidaknya tiga calon lokasi ibukota kabupaten baru tersebut sudah disampaikan yaitu di Labuh Sampik Kecamatan Baso, Bukik Mangguang Kecamatan Kamang Magek dan Balingka Kecamatan IV Koto.

“Semoga harapan masyarakat yang mendambakan kemudahan akses pelayanan dan pembangunan di segala bidang menjadi kenyataan,” kata mantan ketua majlis ekonomi PDM Agam ini.

Yang jelas sebagai wakil rakyat sudah menjalankan proses yang semestinya,. sehingga harapan program yang sudah diimpikan beberapa tahun tahun sebelumnya terealisasi dan berdampak positif untuk kepentingan masyarakat di masa selanjutnya.

Baca juga:   Pangkas Angka Pengangguran, Ini Langkah Pemkab Solok Selatan

Tentunya kajian naskah akademik dilanjutkan dengan dukungan pemerintah daerah untuk menganggarkan biaya implementasi pembangunan fasilitas yang dibutuhkan.

Diharapkan dengan adanya moratorium terkait pemekaran daerah dari pemerintah pusat, maka dengan sendirinya akan lahir Kabupaten Agam Tuo semakin jelas dan konkrit (Mursyidi)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *