google-site-verification=ZUuwLsbaFLVw0Fsx_sKtf38cmUuwOwj4MX3hBOSLU0g
Scroll untuk baca artikel
LIFE STYLE

Raja Aplikasi Terkini di Indonesia: Tidak Didominasi WhatsApp atau Instagram

187
×

Raja Aplikasi Terkini di Indonesia: Tidak Didominasi WhatsApp atau Instagram

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (pikisuperstar freepik.com)

JAKARTA – Jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 1,5 juta orang dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Menurut laporan dari We Are Social, jumlah pengguna internet di tanah air, kini mencapai 185,3 juta orang. Jumlah itu setara dengan 66,5% dari total populasi.

Scroll ke bawah
Teruskan Membaca

Rata-rata, pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu 7 jam 38 menit setiap hari untuk menjelajahi dunia maya.

Mayoritas dari mereka melakukan aktivitas online melalui perangkat mobile seperti ponsel pintar dan tablet, dengan rata-rata waktu penggunaan mencapai 4 jam 45 menit setiap harinya. Penggunaan internet melalui perangkat mobile ini, tak lepas dari penggunaan aplikasi di dalamnya.

Baca juga:   Jangan Lewatkan, Pemda Sijunjung Nonton Bareng Indonesia vs Uzbekistan di RTH Logas, Ada Hadiah Menarik

Berdasarkan data pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) sepanjang tahun 2023, YouTube menduduki peringkat teratas diikuti oleh WhatsApp, Chrome Browser, Google, dan Facebook secara berurutan.

Sedangkan dari segi jumlah unduhan aplikasi sepanjang tahun 2023, TikTok menduduki peringkat pertama, diikuti oleh CapCut, Facebook, Shopee, dan Instagram secara berurutan.

Dalam hal pengeluaran pengguna di dalam aplikasi (consumer spend), TikTok juga menduduki peringkat teratas, diikuti oleh Vidio, Google One, Get Contact, dan Disney+ Hotstar secara berurutan.

Media sosial juga menjadi bagian penting dari aktivitas online di Indonesia, dengan jumlah pengguna mencapai 139 juta atau setara dengan 49,9% dari total populasi. Kelompok usia 25-34 tahun menjadi yang paling aktif di media sosial, dengan proporsi 20% pria dan 17,7% perempuan.

Baca juga:   Indonesia Kirim 10 Juta Dosis Vaksin Polio ke Afghanistan

Alasan utama orang Indonesia aktif di media sosial, adalah untuk mengisi waktu luang (58,9%), berinteraksi dengan teman dan keluarga (57,1%), serta melihat apa yang sedang ramai diperbincangkan di internet (48,8%).

Berdasarkan survei, media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet berusia 16-64 tahun adalah WhatsApp (90,9%), diikuti oleh Instagram (85,3%), Facebook (81,6%), TikTok (73,5%), dan Telegram (61,3%).

Sedangkan media sosial favorit bagi pengguna internet dalam rentang usia yang sama, adalah WhatsApp (34,8%), Instagram (19,6%), TikTok (17,7%), Facebook (11,6%), dan X atau Twitter (6,9%).

Dalam hal waktu yang dihabiskan di media sosial pada survei Juli-September 2023, TikTok menduduki peringkat pertama dengan waktu habis 38 jam, diikuti oleh YouTube (31 jam), WhatsApp (26 jam), Instagram (16 jam), dan Facebook (12 jam). (source: cnbc/Ed.NI)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *