google-site-verification=ZUuwLsbaFLVw0Fsx_sKtf38cmUuwOwj4MX3hBOSLU0g
Scroll untuk baca artikel
BERITA

MPKS PP Muhmmadiyah Selenggarakan Program Sertifikasi 1000 SDM Kesos, Ini Tujuannya

35
×

MPKS PP Muhmmadiyah Selenggarakan Program Sertifikasi 1000 SDM Kesos, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Majelis Pemberdayaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PP Muhammadiyah meluncurkan program sertifikasi 1000 SDM Kesos bagi Pekerja Sosial Muammadiyah (PSM). Program itu untuk meningkatkan SDM dan profesionalitas PSM dalam mendorong kesejahteraan sosial.

Program sertifikasi 1000 SDM Kesos itu diikuti sebanyak 260 peserta. Tediri dari perwakilan MPKS wilayah, daerah, serta pengasuh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Sosial.

Scroll ke bawah
Teruskan Membaca

Ketua MPKS PP Muhammadiyah, Mariman Darto mengatakan, Program Sertifikasi 1000 SDM Kesos Muhammadiyah merupakan program prioritas PP Muhammadiyah. Program ini merupakan respon terhadap terbatas dan rendahnya kualitas SDM Kesos di Aumsos Muhammadiyah.

“Saya menilai wajar jika Aumsos Muhammadiyah merupakan amal usaha yang paling tidak berkembang. Salah satu kelemahannya adalah sangat terbatas dan rendahnya kualitas SDM Kesos Muhammadiyah.” Ungkapnya seperti dilansir Muhmmadiyah.or.id, Kamis (16/6/2023).

Baca juga:   Santri Pesantren Kauman Raih Empat Medali OlympicAD

Mariman menjelaskan, ada empat tujuan dari sertifikasi. Pertama, melindungi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial yang berkualitas dan terstandar. Kedua, meningkatkan tanggung jawab profesional SDM Kesos.

Ketiga, memberikan kepastian hukum dalam praktik pelayanan bagi SDM Kesos terutama untuk meminimalisir terjadinya malpraktik. Dan keempat, memberikan pengakuan atas kualifikasi dan kompetensi SDM Kesos.

Sampai saat ini, dari 615 AUM Sosial yang ada, baru 201 yang telah terakreditasi, sementara 411 AUM Sosial masih belum terakreditasi. Mariman Darto menyampaikan, pengurusan AUM Sosial harus secara transparan, keterbukaan, akuntabel, dan partisipatif.(*)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *