google-site-verification=ZUuwLsbaFLVw0Fsx_sKtf38cmUuwOwj4MX3hBOSLU0g
Scroll untuk baca artikel
BERITABERKEMAJUANDUNIA ISLAM

Bakhtiar Ingatkan Masuknya Bulan Zulhijjah 1444 H

42
×

Bakhtiar Ingatkan Masuknya Bulan Zulhijjah 1444 H

Sebarkan artikel ini

PADANG — Zulhijjah adalah satu dari dua bulan dalam penanggalan hijriyah, yang memiliki hari raya umat Islam. Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal dan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat Dr. Bakhtiar, M.Ag, Sabtu (17/6) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sawahan Padang, kembali mengingatkan seluruh warga dan simpatisan Muhammadiyah di Sumbar, terkait dengan Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Scroll ke bawah
Teruskan Membaca

“Berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023, 10 Zulhijjah 1444 itu bertepatan dengan Rabu, tanggal 28 Juni 2023 masehi,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai hasil hisab yang dilakukan tim ahli di Muhammadiyah, khususnya Majlis Tarjih dan Tajdid, 1 Zulhijjah 1444 H bertepatan dengan 19 Juni 2023, dan Hari Arafah atau 9 Zulhijjah 1444 H bertepatan dengan Selasa, 27 Juni 2023.

Baca juga:   PCM Palembayan Harapkan Pemerintah Berikan Dukungan Lebih Besar Untuk Kegiatan Keagamaan

Sementara itu, terkait pemaknaan Idul Adha, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti menyebut, dalam konsep syariat, ibadah terdiri dari tiga dimensi yakni niat, kaifiyah (tata cara pelaksanaan), dan hikmah (nilai-nilai yang terkandung).

Mu’ti mendorong Majelis Tarjih beserta mubaligh dan dai-dai Muhammadiyah, untuk memperhatikan pengenalan aspek hikmah Idul Adha kepada umat, termasuk mengkaji lebih jauh berbagai aspek yang terkait dengan Idul Adha.

“Ini perlu jadi kajian kita, karena banyak sekali pemahaman dan penyelenggaraan Idul Qurban yang perlu kita perdalam lagi, dimensi dan aspek-aspek di dalamnya. Selama ini, kencenderungan umum, ketika memahami ibadah itu sangat menekankan aspek-aspek spiritual, dan terkait kurban sangat menekankan penyembelihan saja,” kritiknya.(mus)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *