Padang Pariaman – Badan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Padang Pariaman menggelar seminar bertema “Branding Bisnis Istimewa & Menyala” pada Sabtu, 11 Januari 2025. Acara yang berlangsung di IKM Padang Pariaman ini dihadiri sekitar 80 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM se-Padang Pariaman.
Seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan strategi branding kepada pelaku UMKM guna meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan mendorong produk lokal agar dapat menembus pasar internasional. Selain pelatihan, para peserta juga mendapatkan program dukungan promosi dan pengembangan produk berbasis digital.
Ketua Umum BPC HIPMI Padang Pariaman, Ari Irpendi Putra, bersama narasumber utama dari Kementerian Ekonomi Kreatif, Akbar Moujahid, memberikan materi yang membahas pentingnya branding dalam meningkatkan nilai jual produk.
Sekretaris Umum BPC HIPMI Padang Pariaman, H. Firman Arif, S.HI, M.H., yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi III DPRD Padang Pariaman, menegaskan bahwa seminar ini merupakan bagian dari upaya HIPMI untuk membantu UMKM di Padang Pariaman berkembang.
“BPC HIPMI Padang Pariaman memiliki ratusan anggota dari berbagai sektor, seperti retail, kuliner, wisata, layanan jasa, dan kontraktor. Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk mendorong UMKM agar lebih kompetitif dan mampu menembus pasar internasional,”ujar Firman.
Firman juga menambahkan bahwa BPC HIPMI Padang Pariaman akan meluncurkan inisiatif Brand Produk Go Digital untuk memperluas akses pemasaran UMKM secara global. Ia memastikan Komisi III DPRD Padang Pariaman mendukung penuh langkah strategis ini dengan menggandeng mitra dan pemangku kepentingan untuk kajian lebih lanjut.
Seminar ini menjadi momentum penting bagi pelaku UMKM di Padang Pariaman untuk memperkuat branding produk mereka sehingga dapat bersaing di tingkat global. Dengan kolaborasi berbagai pihak, diharapkan UMKM mampu meningkatkan omzet sekaligus memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.