PADANG – Survei penggunaan media sosial di Indonesia yang dilakukan pada tahun lalu, Facebook merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan di kalangan pengguna.
Menurut survei yang dirilis statista.com, hasil itu diungkapkan oleh sekitar 41,6 persen responden. Sementara Instagram berada di posisi kedua, dengan hampir 30 persen responden menggunakan platform tersebut.
Diketahui, Indonesia adalah salah satu negara terdepan yang mengutamakan seluler di Asia, dengan lebih dari 220 juta pengguna ponsel cerdas.
Hal itu seiring dengan meningkatnya penetrasi internet seluler di seluruh wilayah, harga data internet yang terjangkau, serta jangkauan yang lebih luas, dan peningkatan kualitas layanan yang ikut meningkat.
Pada tahun 2021 lalu, teknologi seluler 5G diluncurkan dan diperkenalkan secara bertahap di Indonesia. Operator-operator seluler dalam negeri berlomba memperluas jangkauan layanan data 5G mereka di seluruh negeri.
Mengiringi itu, media sosial tidak lagi terbatas pada penggunaan pribadi. Banyak lembaga telah memasukkan media sosial ke dalam operasi bisnis mereka.
Menggunakan strategi pemasaran melalui para influencer yang kini dianggap penting. Apalagi di negara dengan rata-rata waktu harian yang dihabiskan di media sosial mencapai tiga jam dua puluh menit.
Sebuah survei baru-baru ini menemukan, sekitar 80 persen pengguna media sosial di Indonesia, mencari lebih banyak informasi tentang merek atau produk ketika mereka mengakses media sosial. (ist)